Tapi disini saya tidak akan membahas Lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia atau jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Saya akan bahas tentang Minirmarket yang ada di Indonesia. Minirmarket Di Indonesia yang paling populer dan paling di kenal oleh masyarakat Indonesia tidak lain dan tidak bukan yaitu Alfamart dan Indomaret.
Hampir seluruh pelosok kota dan desa minimarket kedua ini sudah menjamur sampai ke desa terpencil. Ini adalah bukti kemajuan daya beli dari orang Indonesia sehingga makin hari ke hari Minimarket selalu bertambah tiap tahunnya. Alfamart yang seluruh Indonesia sudah mempunyai Outlet kurang lebih 12.578 Toko yang tersebar di 5 provinsi Indonesia sedangkan Indomaret sendiri sudah memiliki outlet sebesar 16.896 Toko yang tersebar di seluruh Indonesia.
Terlepas dari itu Alfamart dan Indomaret tak lepas juga dari citra yang buruk yaitu perbedaan dan selisih harga antara di price yang di rak pajangan berbeda di Point Of Sales ( POS ). Sudah bukan rahasia umum lagi jika Alfamart dan Indomaret sering di komplain oleh konsumen karena perbedaan harga jual dan di komputernya.
Nah kali ini saya akan menuliskan dan berbagi cerita penyebab terjadinya selisih harga yang ada di minimarket Alfamart dan Indomaret biar semua konsumen di seluruh Indonesia tahu dan tidak memaki maki karyawan minimarket tersebut karena ketidaktahuan apa yang sebenarnya terjadi.
Pernah Gak rasakan jengkelnya selisih harga di minimarket ? Ternyata inilah jawabannya
1. Marketing setting price tidak sesuai
Karyawan toko Alfamart dan minimarket itu sebenarnya tugasnya hanya memasang harga yang di setting oleh marketing. Jadi karyawan itu tidak tahu bila adanya perbedaan harga apabila ada ketidaksesuaian harga dari Marketing. Selebihnya itu semuanya dari segi setting harga dan promo adalah tugasnya Marketing, jika ada yang berbeda harganya dan promonya tidak benar di mailernya coba komplain langsung ke customer carenya atau marketing jangan anda para konsumen menjudge para karyawan toko tersebut karena itu bukanlah kesalahan mereka melainkan Marketing.
2. IT (Informasi Tekhnologi) tidak sigap
Alur dari setting harga itu sebenarnya dari Marketing tapi pihak Marketing mengirimkannya Ke Pihak IT alfamart dan Indomaret untuk di buatkan aplikasi pembuat harganya. Tidak semua sebenarnya kesalahan dari Marketing melainkan ada juga kesalahan yang biasa di lakukan oleh IT. Sebab IT biasa ngawur dalam mengirimkan File Pricenya ke toko lewat E-mail karena itulah biasa terjadi selisih harga yang ada di rak pajangan dan di komputer kasir. Jadi jangan anda memarahi para karyawan toko sebab itu bukanlah kesalahan karyawan toko melainkan Ada campur tangan dari IT.
3. Customer Tidak Jeli dalam melihat price
Ada banyak sekali yang sudah saya lihat selama ini antara konflik konsumen dengan para karyawan toko minimarket. Biasa saya temukan waktu itu ada si konsumen langsung atau sok tahu atas harga barang yang sudah di ambil misal si customer merasa benar bilang harganya tadi di raknya itu Rp.90.900 kenapa sekarang Rp.99.900 ?
Lalu karyawan toko tersebut dan mengecek apakah benar harganya sekian di raknya dan ternyata harganya Rp.99.900 si Customerlah yang tidak teliti dalam berbelanja. Namun karena tidak ingin malu akhirnya customer tetap ngotot merasa benar dengan mendzolimi karyawan toko tersebut. Dari sini saya ambil kesimpulan bahwa saya biasa mendengar atau membaca di media sosial tentang forum konsumen minimarket yang katanya harus teliti jika berbelanja di Alfamart dan Indomaret sebab biasanya harganya berbeda yang ada di rak dengan komputer.
Tapi yang sering saya temukan kebanyakan customerlah yang kurang teliti dalam melihat harga sehingga terjadinya perbedaan harga tersebut dan ujung ujungnya pasti karyawan toko yang di maki-maki. Sebaiknya anda lebih bijak lagi menjadi konsumen sebab mereka juga manusia.
Rangkuman
Nah itulah tadi penyebab biasa terjadinya perbedaan harga di Alfamart dan Indomaret, sekarang sudah tahukan ? Jadi saran saya sebaiknya anda para konsumen sebaiknya lebih bijak lagi dalam komplain sesuatu ke para karyawan toko minimarket dan komplain yang sewajarnya. Jangan anda memaki maki dan seolah anda ingin membunuhnya, karena mereka juga manusia yang tak luput dari kesalahan.
Sebaiknya jika memang itu terjadi lebih baik anda komplain langsung ke Customer Carenya bukan dengan cara memaki maki langsung ke karyawan toko karena mereka tugasnya hanya menjaga toko saja. Biarlah jika anda sudah komplain ke customer care biarlah pihaknya departemen yang bersangkutan menangani langsung masalah tersebut.
Saya terkadang muak melihat para konsumen yang terlalu berlebihan dalam menyikapi perbedaan harga tersebut maka dari itu saya selaku sesama manusia ingin menuliskan penyebabnya biar mereka para konsumen tahu yang sebenarnya yang terjadi.
Semoga bermanfaat guys !!!
hahahah keren gan , bener banget tuh, itu adalaha salah satu trik yang menyebabkan minimarket sukses kali ya :v
ReplyDeleteIya gan triknya bikin susah karyawan yang di toko kena maki2 konsumen mulu :D
Delete